Rabu, 13 Mei 2009

delapan cowok ganteng

“kamu nggak pernah mau ngakuin, bahwa kedelapan sahabatmu itu emang top,udah guanteng guanteng terus punya segudang prestasi pula,beneran satupun nggak ada yang kamu naksir gitu?..”ujar jea padaku

“maksud lo yoga, ridho,jek, aldi,dama,iccank,ical dan fardi,basi banget ngomongin mereka mulu” jawabku

“ nin kamu cewek atau bukan sich? Didiri mereka terdapat prestasi yang jadi incaran cewek2 sesekolahan”jea masih ngotot

“termasuk kamu?”

“ he..hee.. iya dong “tukasnya bangga.

Sampai saat ini Aku nggak pernah mau ngakuin , bahwa mereka emang hebat .menurutku tampang sich oke tapi semuanya punya hoby yang sama yaitu suka ngoleksi cewek cewek trus ujung ujungnya nyakitin hati mereka.mutusin seenaknya.walau berkali aku ngingetin mereka tapi tak diindahkan juga.

“nin.. kenapa sich kamu mau ngakuin ini “ Tanya fardi padaku

“ngakuin apa coba “jawabku dingin,biasanya juga gitu

“ngakuin kalo kami emang 8 cowok guanteng plus keren sesekolahan adil sejahtera”jek menegaskan

“seantero jagad sma adil sejahtera telah ngakuin itu kecuali kamu “yoga nggak kalah

“ guru guru juga ngakuin itu loh” dengan bangga aldi menambahkan

“ pada hal kamu sahabat kami ?” ical

“iya nich nggak setia kawan “ yang terakhir ini iccank

“ yap udah ngomongnya,ada komentar lain??”kupandang satu satu wajah wajah mereka, terbaca disana penuh Tanya terhadap sikapku

“guys sekedar ngingatin aja ,telah banyak hari kulewati bersama kalian ,jeleknya kalian dan baiknya kalian telah menjadi bagian dari hiasan kehidupanku. Tapi tak banyak yang bisa kukatakan selain aku masih menunggu perubahan dalam diri kalian.aku juga punya kriteria sendiri untuk ngakuin kehebatan seseorang dan kalian belum masuk dalam semua itu. Semua orang bilang aku cewek aneh mungkin karena mereka nggak mengenalku tapi kalian mengenalku tapi aku nggak nyangka 11 tahun kebersamaan kita belum cukup membuat kalian mengenalku ?“

“terus kayak gimana dong ganteng plus hebat persi kamu “ yoga penasaran

“ yapy aku juga belum tahu seperti apa itu ,yang pasti suatu saat aku akan mengakui kehebatan kalian “ jawabku

“ok kami akan buktiin bahwa kami pantas dapatin julukan itu dari semua orang tanpa kecuali,gimana teman teman setuju??” tukas fardi.

Yang lain mengacukan jempol tanda setuju.

Sejak kelas dua sd aku sekelas dengan mereka ,pertemuan sederhana itu membuat kami membentuk sebuah gang yang kami namakan warna bintang ( WB the gang ) ,karena kami suka dengan warna dan kami punya mimpi yang sama yaitu menjadi sekumpulan bintang yang dengan cahaya cinta.untuk itu kami tak pernah berbeda sekolah ,sejak saat itu kami mengukir persahabatan itu dalam suatu janji bahwa kemanapun inti dari warni melanjutkan sekolah maka semua akan mengikutinya.sampai pada suatu malam tepat pada tanggal yang sama dengan tanggal kelahiranku.aku membaca sepucuk surat berwarna pelangi dan bintang bintang dimasing masing ujung kertasnya yang isinya begini.

To Nina

Kami tertawa setiap kali melihat tawamu

Kami sedih setiap kali melihat sedihmu

Dan kami tak berwarna tiap kali kau

Tak hadir menjadi warna kami

Kau selalu merasa bahwa kau adalah orang yang paling tak penting

Nin.. kau juga pernah mengakui

Bahwa kau tak cantik

Kau tak pintar

Kau tak hebat

Dan kamu adalah orang aneh

Tapi disitulah letak kecantikanmu dimana kau dengan mudah mengakuinya

Disitulah pintar dan hebatnya seorang nina

Lihatlah kami tanpamu

Kami selalu berbeda pendapat

Ada yang keras ,ada yang jorok,ada yang sabar,

Ada yang bersih,ada yang tegas,ada yang plin plan,

Ada yang sensitive dan ada yang suka ngebanyol

Tapi tahukah kau , sangat sulit menyatukan tawa kami tanpamu

Kau pernah menjadi penengah diantara kami

Saat keegoisan merajai kami

Kau menjadi warna dalam bagian moment cerita kami

Dan sekarang yang menjadi inti dalam warna

Kita adalah kamu seorang nina dianata

Met ultah

By. WB ( warna bintang )

Aku terharu membacanya ,ternyata aku bukan lagi orang aneh seperti yang selalu kurasakan dan tanpa sadar semua keanehan yang kupunya dapat menjadi warna tersendiri untuk mereka.

Aku hidup dalam roda yang amat cepat lajunya,tak terasa setahun telah berlalu.sorak sorak gembira kami telah usai,cerita cerita indah masa sma telah menjadi bagian dari masa lalu kami.berganti menjadi masa dimana kami akan memilih arah kelanjutan kehidupan ini. Dan yang menjadi inti dari warna adalah aku yang sama artinya dimanapun aku memilih uneversitas kedelapan temanku akan mengikutiku.karena ini adalah suatu bentuk janji kebersamaan kami.

Dan aku tak punya banyak biaya untuk kuliah diperguruan tinggi terkemuka di Makassar dan satu satunya pilihan adalah masuk universitas baru namanya AZHAR

Kata paman udin beliau adalah saudara kandung bapak. aku tak perlu lagi membayar segala sesuatunya ada dermawan yang mau membantu.yang penting belajar dengan baik dan jangan permalukan keluarga

Dengan berat hati kusampai kepada kedelapan sahabatku.

“guys..mungkin ini hal tersulit ,tapi harus kukatakan dan jika kalian nggak sanggup boleh mundur kok “kataku

“ dimana sich kuliahnya “ Tanya yoga

“aku tahu kok,kalian nggak akan sanggup untuk menjalaninnya.tapi aku masih berharap besar kalian mau ikut walaupun persyaratannya harus tinggal diasrama,menghafal al qur’an,hadist,nggak satu kelas dengan yang bukan muhrim”jelasku,airmataku jatuh begitu saja.

“apa?????”teriak mereka

“yap dan nggak ada pilihan lain untukku”tambahku lemah

Lebih dari sejam kami terdiam ,tak ada kata. Aku juga takkan tega membuat semua ini,serumit ini.tapi janji,cinta ,warna dan bintang.

“ aku siap “ ujar yoga dengan mata berkaca kaca

“aku juga ,lagian mungkin dengan jalan ini kita bisa dapatin jawaban dari criteria nina”tambah ical

“nggak apa2 yang penting campusnya dimakassar kan

“guys tolong pertimbangkan kalian akan mengecewakan cita cita orang tua kalian,janji kita masih bisa dibatalkan,dan aku nggak mau kalian jalani kehidupan nanti dengan terpaksa ataupun tertekan bukan itu yang kita harapkan”

“nin kalaupun nanti sesuatu yang tak diinginkan terjadi ,disanalah serunya kita bisa tahu sejauh mana kita bisa menghadapi tantangan”

“udah nin itung itung kamu sedang beramal,selama ini kami terlalu banyak dosa “iccank sok alim

“hu…lo aja kali kita ngggak..”teriak semua

Yoga mendekatiku kemudian mengusap airmataku yang sendari tadi mempermalukanku.

Dan semua pun setuju,kutarik nafas dalam dalam,aku lega ternyata mereka mau memerima semua ini.

Setelah melewati proses panjang registrasi,akupun resmi menjadi bagian dari keluarga besar universitas islam azhar.sebulan diasrama ini terasa sangat membosankan apalagi dengan jilbab panjang dan rok yang amat susah bersahabat denganku,amat panas dan ribet. Plus pelajaran bahasa arabnya yang membingungkan dan tak kunjung kumengerti.

Dan yang menyedihkan lagi dikampus aku berpapasan dengan dengan kedelapan sahabatku namun tak ada sapaan ,tak ada teguran dan tak ada acara nongkrong bareng lagi,semua terasa asing. Entah aku yang menutup diri atau keadaanlah yang menuntut kami seperti .walau masih sering smsan,menanyakan kabar dan kesan kesan tinggal diasrama.

Perlahan kucoba mengolah hatiku,setiap hari aku mengenal sesuatu yaitu cinta terhadap penciptaku, kemudian aku berkenalan dengan kata ikhlas,malu,jaga pandangan,aturan dan beribu kebaikan. ini menandai awal dari penemuan jati diriku.

Kemudian dengan langkah lemah sedikit demi sedikit frekuensi komunikasi aku dan mereka.

Hari hariku disini begitu cepat , mulai mengenal arti perjuangan dan berjihad melawan musuh yang sebenarnya.dan tiba masanya kami menemukan suatu titik keputusan untuk mengakhiri persahabatan antara wanita dan pria yang tak sebanding.dan kami harus sadar segala hukum hukum sang pencipta. Perpisahan ini menjadi sangat indah dalam ketaatan terhadap Allah. SWT.dan aku harus mundur dalam gang WB. Tapi untuk jadi adik angkat mereka adalah sesuatu yang kupilih, punya batasan dan punya garis kebebasan yang tentunya sesuai syariah agama dong.

Terrnyata islam sangat indah, berketuhanan, penuh toleransi, saling berkasih saying, tolong menolong dan islam juga tidak menolak perkembangan zaman- dalam artian islam juga nggak ketinggalan zaman, tidak merugikan dan nggak saklek banget…wuah betul indah islam itu

Dan tentang mereka. mulai menunjukkan kehebatan masing-masing.bahkan seluruh dosen mengakui kehebatan mereka tentang semangat perubahan yang bisa mereka lalui mulai dari nol.dalam jangka waktu setahun mereka mampu membaca Al Quran dengan fasih sekaligus menghafalnya.,walau silih berganti cobaan wanita cantik datang menawarkan sebentuk kebaagiaan pada mereka tapi tetap nggak ada kata tergoda lagi dalam kamus mereka.sesekali mereka meminta pendapat padaku,tentang sikap seorang ikhwan menghadapi cewek cewek itu lalu ku jawab semampuku

“ada satu hal yang perlu kalian tahu,pria baik baik adalah yang dapat menahan hawa nafsunya ,menjaga hatinya dan hati orang lain,kalaupun ia menyukai seseorang,ia dapat menyikapi hatinya dengan dewasa caranya ia harus memilih melupakan wanita yang ia suka atau menjadikannya halal baginya ,bukan memberikan bayangan semu dengan memberi perhatian tanpa status pernikahan atau sekedar berbasi basi membicarakan hal yang nggak penting”

“gimana kalau kami masih nggak bisa bedain mana pembicaraan penting atau Cuma hanya basa basi?”

“itu berarti kalian masih perlu belajar agar bisa menbedakan antara huruf D dabn B”

Perubahan itu sangat pesat

Dimulai dari jek ,ia tadinya cowok cuek yang jorok dan urakan kini berubah jek yang rapi, bersih dan ditangannya selalu ada mushab kecil.

Yoga yang selalu sombong dengan kejeniusannya kini berubah menjadi seorang yang rendah hati

Dama sang penulis yang genit kini berubah menjadi penulis yang menjaga pandangan dan lewat tulisan ia berdakwah

Ridho kini ia menyempurnakan kealimannya dan berhenti mengoleksi cewek cewek

Ical yang tadinya pencipta lagu lagu romantis pemikat hati hati cewek ,kini berubah menjadi pencipta lagu nasyid dengan semangat jihad.

Iccank yang selalu berpuitis dengan gaya bahasa yang merayu,kini menjadi pembaca puisi pengobar semangat perang umat.

Fardi kini berubah menjadi sosok cowok yang menjaga pandangan dan hatinya

Aldi ia berhenti bernyanyi untuk memikat hati kaum hawa kini suaranya hanya untuk melantungkan ayat ayat Allah,SWT.

Terakhir aku melihat sinar sinar cahaya itu datang mengejar mereka.semangat perubahan itulah yang membuatku mengakui bahwa mereka emang delapan cowok ganteng plus hebat persiku.cowok yang punya rasa cinta kepada sang penciptanya dan berprestasi dalam ketaatan.mereka akan terus menjadi bintang yang akan membawa cahaya cinta kepada umat.dan aku tetap akan menjadi warna untuk mereka dalam bentuk yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar